Keragaman Bentuk Muka Bumi

Bumi bila dilihat dari luar angkasa tampak halus dan indah, tetapi apabila bagian bumi dilihat dari dekat, akan tampak bahwa permukaan Bumi tidak rata dan bentuknya beragam.

bola-bumi_relief

Pada permukaan Bumi, ada bagian yang menonjol ke atas, ada pula bagian yang cekung ke bawah. Di daratan bagian yang menonjol ke atas, dapat berupa gunung, pegunungan, dataran tinggi, bukit, dan  sebagainya. Bagian yang cekung dapat berupa ngarai, lembah, danau, sungai, rawa, dan sebagainya. Di dasar laut juga terdapat bagian yang menonjol ke atas dan bagian yang cekung ke bawah, dapat berupa palung laut, lubuk laut, gunung bawah laut, dan sebagainya.

Keragaman bentuk muka Bumi tidak terjadi begitu saja, melainkan melalui berbagai proses dan waktu yang sangat lama. Berbagai bentuk tenaga bekerja untuk mengubah muka Bumi, baik dari dalam Bumi maupun dari luar Bumi yang dikenal dengan sebutan tenaga geologi.

bumi_strukturBumi terdiri dari 3 bagian, yaitu Kulit Bumi (Lithosfer), Selubung Bumi (Asthenosfer), dan Inti Bumi (Barisfer).

# Lithosfer merupakan lapisan luar bumi yang terdiri atas batuan padat dan keras dengan ketebalan rata-rata 1200 km. Lithosfer disebut juga kulit bumi terdiri dua bagian yaitu:

1. Lapisan sial (silika alumunium) yaitu lapisan kulit bumi yang tersusun atas logam silika dan alumunium,senyawanya dalam bentuk SiO2 dan AL 2 O3. Lapisan sial dinamakan juga lapisan kerak bumi bersifat padat dan batu dengan ketebalan rata-rata 35 km.

Kerak bumi terbagi menjadi dua bagian yaitu:

2. Lapisan sima (silika magnesium) yaitu lapisan kulit bumi yang tersusun oleh logam logam silisium dan magnesium dalam bentuk senyawa Si O2 dan Mg O, lapisan ini mempunyai berat jenis yang lebih besar dari pada lapisan sial karena mengandung besi dan magnesium yaitu mineral ferro magnesium dan batuan basalt. Bahan lapisan ini bersifat elastis dan mempunyai ketebalan rata-rata 65 km.

# Selubung Bumi/Mantel (Asthenosfer) yaitu lapisan bumi berupa bahan cair bersuhu tinggi dan berpijar dengan suhu antara 2.000-4.000° C yang melapisi lapisan inti Bumi dengan ketebalan 1700 km.

# Inti bumi (Barisfer) merupakan lapisan inti dari bumi berbahan padat yang tersusun mineral cairan Besi dan Nikel (disebut juga lapisan Nife), jari jari inti bumi sekitar 3.470 km. Lapisan Inti dibedakan inti luar dan inti dalam.

tectonic_theory_lgeSuhu yang sangat panas (di atas 3.000°C) dan tekanan yang kuat membuat inti Bumi selalu bergolak. Pergolakan ini menimbulkan tenaga yang mahadahsyat sehingga menekan batuan cair pada selubung Bumi yang kemudian terdesak keluar ke permukaan Bumi dan akhirnya membentuk muka Bumi. Tenaga yang berasal dari dalam Bumi inilah yang disebut tenaga endogen. Sementara tenaga endogen bekerja, muka Bumi yang telah terbentuk akan diubah oleh tenaga dari luar Bumi yang disebut tenaga eksogen. Gabungan dua tenaga inilah yang menyebabkan keragaman bentuk muka Bumi.

Sumber:

  1. Pengetahuan sosial 1: SMP/MTs kelas VII/ Didang Setiawan – Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
  2. Wawasan Sosial 1: ilmu pengetahuan sosial untuk Sekolah Menengah Pertama/MadrasahTsanawiyah/Iwan Setiawan … [et.al] editor Wawan Darmawan — Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
  3. Mari Belajar IPS 1: untuk SMP/MTs kelas VII/ Muh. Nurdin, S.W. Warsito, dan Muh. Nursa’ban; editor Nugrohowati.–Cet 1.–Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
  4. Ilmu pengetahuan sosial: kelas VII/untuk SMP/MTs/Waluyo … [et.al] — Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
  5. http://klastik.wordpress.com

70 Komentar »

  1. agn said

    Sebenarnya Asthenosfer itu adalah bagian dari Mantel dengan sifat fisik yang plastis.

  2. wima said

    Mohon diperjelas ! Masih tidak ada penjelasan Inti Luar di halaman ini . Trims

  3. hadiansyah said

    blognya bagus! tapi kalau bisa semua bentuk permukaan bumi da bahas.
    misalnya laut pulau-pulau gunung dll. segitu aja makasih ya!

  4. kelana said

    wah.. enak nih…
    cuman lapisan basalt itu apa..?
    apakah sama dengan lapisan sedimen…?

    thanks..
    kelana ayo kita berkelana…

  5. teti suswarti said

    kadang bingung menjelaskan kenapa inti bumi kok padat, sementara astenosfer yang diluar kenyal

  6. Emil Fachruzi said

    mohon RPP IPS SMP ditampilkan, thank’s

  7. verina said

    thanks ya.a.a.a.a.a.a.a.a.a.a.a.a.a.a.a.a makasih udah berbagi ilmu

  8. verina said

    makasih ya udah berbagi ilmunya

  9. AuDI said

    thaks dah berbagi ilmuna y

  10. mega nur said

    thanks yach…….. but di perjelas douk tentang inti bumi yang berbahaya nya ??
    trZ di perjelas gambar-gambar dan tulisan nya yach….
    thank……….

  11. arya said

    inikan pelajaran anak kelas satu smp

  12. makaci buwat informasinya,tolong penjelasannya lebih detail lagi dan gambarnya diperjalas..makaci^_^

  13. Lhala said

    mengapa lapisan dalam selubung bumi padat dan luarnya cair

  14. asyraf faiz said

    best

  15. ISWANDI said

    JELEK SKALIE

  16. ALOvers said

    …….

  17. ALOvers said

    Tolong d adain tentang lempeng benua nya donk…. ^^

  18. Audy said

    keren ..

  19. puji said

    pak bikin donk yg tentang plajaran2 ips kelas 7…

  20. lauren said

    makasih ya sudah bagi ilmu nya doakan y supaya nilai ujian ips ku tinggi thank’s ya !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  21. muhammad surya said

    pernah kah kamu melihat globe di sekolahmu?

  22. rahma naila syafitri said

    gambar yg kamu amati adl penampakan muka bumi pada jarak yg sangat jauh

  23. win_gina said

    Makacih pak Sarwo, udah berbagi materi ips :-)

  24. najihah said

    sngat best

  25. gan klo mau download cheat pb di mana…???

  26. ……ahhaaa thank y dah bagiin ilmu tntng keragaman bentuk muka bumi seqarang aqu dah tauuuu …..

  27. ihhhihhhh sneng nya dah tau ilmu keragaman bentuk muka bumi

  28. devi aiuu said

    KEEP OUR EARTH

  29. puthlie tiwi spenza said

    wahh.. untung ajj nemu.. klo kgaa.. bs d setrapp nh gw..

  30. rianti said

    mkacih pak sarwo atas materi nx

  31. billa said

    thank you so much,
    bekat info ini aku jadi bisa ngerjain tugas dari guru ips :)

  32. good …very good sir….i like it…

  33. aldi ajah said

    kk ksh tau dong jawaban dri pertnyaan ini….ciri ciri gunung api yang tergamung dalam rangkaian banda adalah

  34. aldi ajah said

    plizz ya..

  35. aldi ajah said

    kk ksh tau lah apa jawabnnya :)

  36. aldi ajah said

    ada yng tau ??? o.O

  37. aldi ajah said

    o.O

  38. ke npa bumi gk bisa berubah

  39. ccd

  40. Islamiaty said

    belum jelas…

    Harap dijelasin lebih lnjut yahhh…..

  41. ziyadbunuhsumanto said

    moedahan boesa ngoerjain ips

  42. ziyadbunuhsumanto said

    deva anggraini ccd bodoh gila jelek gk kuat

  43. ZzZ_IPS_ZzZ said

    gak gak gak jelas

  44. penjelasan lebih lanhut cari di google

  45. ama imuetz said

    tulisin ips klas 7 donkk……
    mumettt…..

  46. shafira said

    …wah materinya bantu banget….
    …tulisin juga meteri smp kelas 7 yang bagian relief-relif ya…
    …makasih…

  47. makasih bantu saya untuk mengerjakan Keragaman Bentuk Muka Bumi……..:)

  48. Audy said

    Thanks ea ilmu ny.. .n mg yg q pljr ttg geogrf hr nie bs klwr pda sa’t tes smstr. . . .hehehe. .(brhrap):):);)

  49. fadhil said

    mohon di perjelas…..

  50. aryanta said

    bagus…. materi SMP tapi bisa dipakai buat SMA..

  51. putri said

    pak saya mau tanya, jadi dari semuanya kesimpulannya apa ya pak ?

  52. fitaq unyu said

    pak lbh di perjelas lagi donk pak

  53. Rudi hartono said

    Bagaimana terjadi bumi?jelaskan

  54. adit said

    mana lagi nie segini doank..!!!!

  55. adit said

    ini buka point blank..!!
    pngkt mayor 1 grett 2
    ID:Z1on45
    Pass:coolabs1

  56. erny sutanti said

    pak ne’a bs di di perjelas lagi dgn luas?

  57. leo said

    ap alasan nya permukaan bumi tidak rata

  58. khofifah said

    mengapa pada saat gunung api meletus disertai gempa bumi??

  59. gak lnkp penjelasannya gak asik gitu jadi pr gue gak selesai deh. kecewa gue ama laman web ini.

  60. indah said

    kurang lengkap dengan isi nya

  61. Bina said

    Kurang lengkap tuh artikel nya…
    Aq jdi harus nyari yg lain
    jdi 2 kali kerja dech.
    Tpi makasih y

  62. syawal said

    harap lebih diperjelas

  63. Ica said

    ,,,,,.

  64. Bobby said

    What i don’t understood is in fact how you’re now not really a lot more smartly-appreciated than
    you may be right now. You’re very intelligent. You recognize thus considerably in terms of this topic, produced me for my part imagine it from so many varied angles. Its like men and women don’t seem to be involved until it is something to do with Girl gaga!
    Your personal stuffs great. All the time deal with it up!

  65. Velia sanova said

    Penyebab terjadi nya keragaman bentuk muka bumi apa??? Tenaga geologi ya???

  66. Iffah Afkarin said

    Maaf, ada yang tahu nama-nama sungai di jawa tengah?

  67. gumanti said

    hemm.kadang-kadang pelajaran geografi bikin pusing aja dh !

  68. M.azam al fakhri 3c madiun MIT bhakti ibu love said

    susah juga ya”” bikin pusing pingsan aku

  69. anthenospher itu lubang idung mamakmu
    wkwkwkwkwkkwkwkwkwkw!!!wkwkwkwkwkwkwkwk!!!!wkwkwkwkwk

  70. oritutut9789ettetwwtwtwtttwtwt7w77w7
    thtuyjkijojnkyjukukiulki7liulilllilikilillililiilillilillliililliklukttjtjtjtjtjtjjy
    rerftetryujy jukyjkdjjhjthjhnhhthjjhjkttuttirirrorrhasdgju
    aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    aa

    aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: