Tenaga Endogen

Tenaga endogen adalah tenaga pengubah muka Bumi yang berasal dari dalam Bumi. Tenaga endogen merupakan kekuatan yang mendorong terjadinya pergerakan kerak Bumi. Pergerakan ini disebut diastropisme.

lempeng_benua-samuderaAdanya tenaga endogen dapat menyebabkan terjadinya pergeseran kerak bumi. Pergeseran kerak bumi akan menjadikan permukaan bumi berbentuk cembung, seperti pegunungan atau gunung-gunung berapi, serta
berbentuk cekung, seperti laut dan danau.

arus-konveksiKerak bumi bersifat padat, dingin, dan terapung di atas lapisan selubung Bumi (Asthenosfer). Kerak bumi yang membentuk dasar samudera disebut lempeng samudera. Kerak bumi yang membentuk dasar benua disebut lempeng benua.

Karena terjadi pemanasan terus-menerus di Lapisan Asthenosfer menyebabkan terjadinya gerakan cairan dengan arah vertikal (konveksi). Akibatnya, arus konveksi ini menekan kerak Bumi yang terapung di atasnya. Tekanan yang terjadi terus-menerus menyebabkan pergesaran lapisan lempeng bumi dari posisi semula, akibatnya terjadi tumbukan antar lapisan lempeng.

subduksi_magmaKarena tumbukan antar lapisan lempeng , salah satu lempeng akan menujam ke bawah. Padahal, makin ke dalam suhu makin panas. Akibatnya, bagian kulit bumi yang padat dan dingin yang menujam ke bawah akan meleleh dan berubah menjadi magma serta mengeluarkan energi. Karena tumbukan terjadi terus-menerus, akan terkumpul tumpukan magma dan tumpukan energi.

lipatan_jenisKarena tekanan ke atas dari magma akibat energi yang terkumpul akan mampu menekan lapisan kulit bumi sehingga terjadi perubahan letak atau pergeseran kulit bumi. Akibatnya, kulit bumi bisa melengkung (disebut lipatan) atau patah (disebut patahan). Gejala ini disebut tektonisme.

subduksi_lempengApabila magma bisa menerobos lempeng benua di atasnya melalui celah atau retakan atau patahan akan terbentuk gunung api. Gejala ini disebut vulkanisme. (Perhatikan gambar Gunungapi yang terbentuk pada pertemuan lempeng).

rtemagicc_bellier_sumatralocalisationJika tumpukan energi di daerah penujaman demikian besar, energi tersebut akan mampu menggoyang atau menggetarkan lempeng benua dan lempeng samudera di sekitarnya. Goyangan atau getaran ini disebut gempa bumi. Gejala ini disebut seisme. (Perhatikan Peta sebaran gempa Aceh 26 Desember 2004 akibat tumbukan lempeng Indo-Australia dengan lempeng Benua Asia).

Sumber:

  1. Pengetahuan sosial 1: SMP/MTs kelas VII/ Didang Setiawan – Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
  2. Wawasan Sosial 1: ilmu pengetahuan sosial untuk Sekolah Menengah Pertama/MadrasahTsanawiyah/Iwan Setiawan … [et.al] editor Wawan Darmawan — Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
  3. Mari Belajar IPS 1: untuk SMP/MTs kelas VII/ Muh. Nurdin, S.W. Warsito, dan Muh. Nursa’ban; editor Nugrohowati. –Cet 1.–Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
  4. Ilmu pengetahuan sosial: kelas VII/untuk SMP/MTs/Waluyo … [et.al] — Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
  5. http://klastik.wordpress.com

27 Komentar »

  1. rivai said

    pak…
    tolong bantu saya mencari manfaat dan kerugian tenaga endogen bagi manusia

  2. rivai said

    pak….
    kalau sudah ada hasilnya tolong dikirim ke alamat E-mail saya

  3. rivai said

    ini alamat Email saya rivai_501@yahoo.co.id

  4. bigboos said

    pak. . . .
    tenaga pembentuk kera bumi itu apa saja

  5. Andriyanto said

    tulung………….. carikan obat supaya bisa menghafal dengan cepat……………..

  6. Kresna said

    Aduh pak saya paling puyeng tenaga endogen ini
    saya minta obat juga pak tulung saia soalna nilai turun trus…
    stuju saia sama andriyan..

  7. Kresna said

    @rivai
    gw taunya cmn ke untungannya
    endogen itu sifatnya membangun
    sedangkeun eksogen(kebalikan endogen)
    bersifat merusak..

  8. wendy said

    tenaga eksogen kok g ada sih pak

  9. wendy said

    aku ada tugas nih dari sekolah mencari keragaman bentuk muka bumi

  10. khosim said

    gateli

  11. Rhanie said

    aku pny tgs dari bu Umiyati guru IPS di SMP Negeri 37 jakarta….
    kalo aku di suruh nyari tenteng tenaga endogen.

  12. mega nur said

    aku da tugas ne tentang isi perut bumi…an gambaran tentang lapisan lapisan peru bumi…

  13. Qarin ^O^ said

    pak,,,
    tlongin sya donk,,,
    aku tuch bsok ulangan IPS ,,,,,,
    tpi aq bingung, aq mrasa IPS itt ssah bngetzzz,,,
    jdi tlongin sya, tlong rangkum IPS tntang “endogen n eksogen”,,,
    biar gampank dihafall,,,
    please,,,
    thanks before^O^

  14. mboch aCk gLp >,<

  15. NurSyamsi said

    pak pajang gambar2 tenaga endogen dan tenaga eksoge
    di situs ini!!!!!!!!

  16. martogi said

    terima kasih ya pak…. PR SAya jadi siap

  17. indonesia said

    oke
    tararengkyu

    Tugas siap dikumumpul

  18. leli herlianti said

    tambahin materinya donk

  19. Dedy said

    masukl geologi… biar kalian mengerti semua tentang bumi dan proses2nya..

  20. atik said

    0ke,.maksih pak,,.bsa bwad tmbahan ilmu,,..+ cpet ngumpulin tugasnya,.

  21. pak tolong bantu saya mencari keuntungan dan kerugian tenaga endogen

  22. tolong banget pakk

  23. “mkzih pak…!!!”

  24. uul said

    keterangannya sangat bagus,,,,,, saya suka………….!!!!!!!!

  25. dedy said

    Terima kasih infonya..

  26. ZAKY said

    THANKYOU VERY MUCH

  27. Richard said

    Thx ya untuk fotonya Pak Sarwo
    Sekali lagi terima kasih ya
    Thx

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: