PETA apaan tuh?

Peta sebenarnya adalah alat bantu untuk mempelajari Geografi. Geografi adalah cabang ilmu yang dimasukkan ke dalam kelompok Ilmu Pengetahuan Sosial.

Bila kalian mengikuti sesi pembelajaran ini, diharapkan kalian mengenal dan bisa menggunakan Peta untuk mendapatkan informasi keruangan. Agar bisa menggunakan Peta saya ajak kalian untuk belajar:

1. apa itu PETA?

Coba amati foto daerah Porong sebelum semburan lumpur lapindo, 6 Oktober 2005, di bawah ini!

01sebelum lapindo

sumber:http://www.crisp.nus.edu.sg

dan amati lagi foto daerah Porong setelah semburan lumpur lapindo, 5 Januari 2005.

02 setelah sembuan

sumber:http://www.crisp.nus.edu.sg

Gambar-gambar di atas merupakan foto udara berdasarkan citra satelit daerah Porong, Sidoarjo, Jawa Timur. Dari foto udara pertama bisakah kamu menemukan Sungai Porong atau jalan tol? Dan pada foto udara kedua dapatkah kamu menunjukkan pusat semburan lumpur lapindo? Mengapa jalan tol tampak terputus? Menurut kamu lebih dekat mana pusat semburan dengan Sungai Porong atau jalan tol?

Ternyata dengan mengamati gambar permukaan bumi dari atas menggunakan foto udara sangat asyik dan kita lebih mudah mengamati serta menentukan lokasi dipermukaan bumi.

Sebelum ditemukannya teknik foto udara dan pencitraan satelit, manusia sudah berusaha menggambarkan wilayah geografis permukaan bumi untuk menentukan lokasi.

Gambaran wilayah geografis permukaan bumi yang diperkecil kenampakannya kalau dilihat dari atas dan dilengkapi dengan tulisan serta simbol-simbol tertentu disebut Peta.

Tehnik pembuatan peta mengalami perubahan dan perkembangan seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Perhatikan peta wilayah Asia Tenggara (keluaran VOC?) di bawah ini!

03 peta hindia belanda

Bandingkan peta di atas dengan Peta digital Asia Tenggara keluaran Microsoft Encarta 2007 di bawah ini! (klik untuk memperbesar)

04 asteng

Mana yang lebih tepat penggambarannya, peta jadul eh… jaman dulu atau peta digital Encarta, tentunya peta digital Encarta. Hal ini karena digital Encarta telah memenuhi syarat pembuatan peta yang benar, yaitu:

1. Conform yaitu bentuk gambar di peta sama dengan bentuk sesungguhnya permukaan bumi.

2. Equivalen yaitu luas gambar di peta harus sesuai dengan luas sesungguhnya di permukaan bumi.

3. Equidistan yaitu jarak di peta harus sesuai dengan jarak sesungguhnya di permukaan bumi.

Sebuah peta yang baik harus memenuhi beberapa unsur, yaitu Judul, Skala Peta, Simbol, Penunjuk Arah, Inset, Sumber, Tahun pembuatan.

Coba klik dan amati peta di bawah ini!

05 peta bali1

sumber: http://www.bakosurtanal.go.id

Dengan demikian peta yang baik harus berisi unsur-unsur dasar peta dan dibuat sesuai dengan syarat pembuatan peta yang benar!

Sekarang klik dan perhatikan lagi peta di bawah ini!

06 peta bali dasar

sumber: http://www.bakosurtanal.go.id

Menurut kamu peta tersebut termasuk Peta Umum atau Peta Khusus?

Benar kalau kamu menjawab Peta Umum, karena Peta Umum adalah peta yang menggambarkan beragam tema atau informasi pada suatu wilayah, misalnya pegunungan, danau, sungai, kota, jalan raya, jalan kereta api dan sebagainya.

Sedangkan peta yang menggambarkan tema atau informasi tertentu dari suatu wilayah, misalnya peta iklim, peta penyebaran penduduk, peta penyebaran minyak bumi, peta penyebaran ikan dan sebagainya disebut Peta Tematik, seperti pada contoh peta di bawah ini!

06 peta potensi ikan

sumber: http://www.dkp.go.id

Peta dapat ditampilkan dalam bentuk bermacam-macam, yaitu:

1. Peta konvensional, bisa berupa:

a. Peta datar (peta biasa), yaitu peta yang dibuat pada bidang datar, dapat menggunakan kertas, kain ataupun triplek. Sebagian besar peta dibuat dalam bidang datar!

b. Peta timbul (peta relief), yaitu peta yang dibuat berdasarkan bentuk permukaan bumi yang sebenarnya. Tinggi rendahnya permukaan bumi disesuaikan dengan kenampakan sebenarnya.

2. Peta digital, yaitu peta yang dibuat menggunakan program komputer sehingga proses pembuatannya lebih cepat dan tepat serta hasilnya lebih bagus. Contohnya adalah Google Earth, merupakan peta digital on line yang dirilis oleh Google Inc. Side bar “Pak Sarwo ada di …” menggunakan peta dari Google Earth.

Agar bisa menggunakan peta tersebut,ikuti penjelasanya pada cara menggunakan peta di bawah ini.

2. Menggunakan Peta untuk mendapatkan informasi keruangan

Pada bagian ini kalian saya ajak belajar menggunakan peta digital online yang ada di sidebar “Pak Sarwo ada di…”

Bila ingin memperbesar tampilan peta, klik tombol “enlarge this map”. Pada peta tersebut saya menempatkan marker (tanda segitiga) sebagai tanda lokasi. Gerakkan kursor pada marker untuk mengetahui lokasi geografis disekitar Pak Sarwo.

Bila kursor digerakkan pada area peta akan muncul tangan, dengan klik dan drag (klik kiri dan geser) maka peta akan bisa digeser sesuai keinginan. Selain cara tadi, bisa menggunakan beberapa tombol panah di kiri atas peta.

Kita juga bisa memperbesar dan memperkecil peta dengan menaik-turunkan slider zooming atau mengklik tombol + dan – dikiri tengah peta.

Dengan kelengkapan navigasi yang ada pada peta, coba cari lokasi tempat tinggalmu atau tempat-tempat yang kamu anggap menarik!

Ingin tahu lebih banyak tentang peta kunjungi http://www.bakosurtanal.go.id

Bahan rujukan:

1. Wahyudi, Nur, 2006, Geografi Kelas 7, Klaten:Cempaka Putih.

2. tim Abdi guru, 2004, Geografi Kelas 7, Jakarta: Erlangga

3. Tim Geografi Sentra Madiun, 2005, Geografi Kelas 7, Madiun

34 Komentar »

  1. Muchammad Aziz Firdaus said

    aduh semoga lumpur lapindo cepat teratasi

  2. trisma said

    maaf nih ya, kok keterangan di peta bali yg pertama itu insert sih?,bukannya inset ya?

  3. yusandi said

    pengetahuan yang sangat berguna tentang ilmu peta.thanksss

  4. muad said

    terima kasih pak atas ilmunya….

    salam….

  5. sick said

    hebat atas pengetahuannya pakkk !!! tankssssss

  6. HADI WAHYU SANTOSA, SAB said

    SEMOGO DI TAHUN2 MENDATANG INDONESIA MENJADI NEGARA YANG DIHORMATI DAN MAKMUR DALAM SEGALA ASPEK, KARENA LETAK GEOGRAFIS YANG SANGAT STRATEGIS

  7. Rina said

    jd ingat waktu PPL
    ngajar tentang peta…

  8. putri said

    ehhmmm ……………………………………..
    ehmmmmmmmm……………………………………………..

  9. Dian said

    Pak, Mohon bantuan dong. Saya butuh peta South East Asia (bahasa Inggris) dgn ukuran besar (300 x 200 cm). Kira-kira bisa didapat di mana ya? Terima kasih.

  10. hasanzainuddin said

    BAGUSSS….

  11. arief billah ketapang said

    keajaiban Allah S.W.T. jangan lupa solat yaaaaaaa:)

  12. eulis marlina said

    oh my god.sungguh Tuhan telah memberikan keindahan,,tapi,,manusia juga yang merusaknya,,LAPINDO?? …

  13. berantas ilegal fishing jangan ragu2,ikuti aja australia yang begitu keras hukum diwilayah lautnya tenggelamkan pumboat2 yang banyak beroperasi diwilayah indonesia bila perlu tangkap juga para agen yang berani memalsukan dokumen pumboat tersebut

  14. annisa said

    bagus banget…………..

  15. antiqa said

    terimalasih ya !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! aku udah dapet apa yang aku cari

  16. mega nur said

    makaci…yach…. sekarang aku dah dapet penjelasa nya….

  17. wan said

    saya kok belum dapat-dapat data yang sesuai saya cari cih……..

  18. andika said

    seharusnya da yang lebih besar lagi cc

  19. venna said

    gw minta lbih bgus arikel paan nich?! klo lo ada yg bagus gw minta lo add w di FB! ocre!!!!!

  20. venna said

    e-mail gw di venna_fitriany@yahoo.com

  21. ew said

    makasih atas jawaban PR ips nya

  22. ichal said

    Makasih yach tentang ilmu yang telah diberikan. . .

  23. Bachrudin said

    adanya fenomena alam itu menunjukan keuasaan ALLOH SWT

  24. gusrizal said

    makasihhhhhhhh

  25. gusrizal said

    makasih

  26. Defni said

    Alhamdulillah

  27. angga.l.p said

    ehmmmmmmmmmmm………………!
    ehmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmm…………..!

  28. aldi ajah said

    jdi inge gmna nasib korban yng kna lumpur lapindo

  29. awas said

    wokkkeee… informasi tentang geospasial itu memang perlu ditunjukkan pada pelajar dari tingkat dini, biar bisa tanggap bencana, tahu lokasi Indonesia, batas-batasnya, dan informasi penting lainnya…
    #apalagi sekarang topik ttg kegeografian lagi anget-angetnya looh… makasih pak pengajar…

  30. doetilaz said

    kerenn bangettttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt

  31. dinda bagi gua orangya cantikkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk anax 213 jkt by doetilaz

  32. kapan peta inset dibuat???

  33. iya tuhh mana??,kapan peta inset dibuat??

  34. sunkrista meyriana dietrich gultom said

    betullllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllll
    itu sangat sekali
    jadi penasaran nih gw??????????????????????????????

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: